Kendala dan Hambatan Proses Instalasi

Kendala dan Hambatan yang kami temuai saat proses Instalasi adalah :

· Mengalami kebingungan dalam melakukan restorasi database, dikarenakan kami baru pertama kali menggunakan aplikasi SQL Server 2000.

Solusi

Dengan bantuan Google kami menemukan panduan untuk melakukan restorasi database pada SQL Server 2000.

· Pada saat mencoba melakukan proses restorasi sesuai dengan panduan, kendala yang kami dapatkan adalah tidak aktifnya menu restorasi

Solusi

Login terlebih dahulu pada apda SQL Server 2000, dalam melakukan login kami sarankan untuk lebih teliti menentukan user yang dipakai, karena apabila login gagal proses restorasi tidak dapat dilanjutkan.

· Tidak Bisa melakukan login ke-server melalui komputer lain, Ternyata kegagalan tersebut dikarenakan ada kesalahan dalam instalasi SQL server 2000. Saat instalasi SQL Server 2000 untuk login disetting sama dengan login windows, sehingga database hanya bisa diakses dari komputer dengan login windows tersebut (login saat instalasi SQL Server 2000).

Solusi

Melakukan instalasi ulang dan menyetting agar server bisa diremote. Tetapi karena keterbatasan waktu kami tidak melakukan instalasi ulang dan tetap menggunakan SQL Server 2000 yang telah ada, tetapi dengan kondisi tidak bisa Diremote.

· Hal berikutnya yang kami lakukan adalah mengganti koneksi pada file koneksi.php dalam folder apache\htdocs\pemondokan. Kami mengganti nama server, user dan password sesuai dengan database.

· Instalasi M3Gate sebagai simulasi dan menjalankan aplikasi pemondokkan dengan M3Gate tersebut. Pada waktu menjalankan aplikasi pada menu pilahan SearchAll ternyata gagal dan kami mendapatkan pesan kesalahan “Connection failed”.

Solusi

Melakukan pengecekan pada login pada koneksi, dan menggantinya sesuai dengan login windows

· Untuk Soal hosting kami meminta IP Public dari mas henry’02 karena dia adalah admin FTif. Dengan bantuan dari mas henry02 masalah hosting dapat teratasi

· Tidak bisa mengambil data dari database server, awalnya kami menduga karena terdapat kesalahan pada query. Ternyata setelah dilakukan pengecekan, query sudah benar.

Solusi

Melakukan Pengecekan dan merubah data dalam database, karena setalah kami cek data yang tersimpan sudah melampaui batas tanggal yang ditentukan.

Published in: on November 6, 2007 at 2:32 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://softwareproject.wordpress.com/2007/11/06/suka-duka-kita-sewaktu-penginstalan-program/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment