Fitur-Fitur Pada Tugas Akhir Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Bergerak Untuk Pencarian Pemondokan Bagi Mahasiswa

Fitur-Fitur yang terdapat pada Tugas Akhir Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Bergerak Untuk Pencarian Pemondokan Bagi Mahasiswa :

  1. Proses Pada Aplikasi SMS
    1. Layanan Pendaftaran Anggota

Pengguna harus menjadi anggota terlebih dahulu sebelum dapat mengirimkan informasinya. Sistem akan mengambil nilai dari sms yang masuk yaitu nomor telepon pengirim yang akan dijadikan id, pin, nama, dan kota. Kredit yang dimiliki akan diset nol. Apabila seorang pengguna telah mendaftar dan melakukan pendaftaran lagi, maka sistem akan menolak dan mengirimkan konfirmasi.

Untuk mengetahui data diri dari anggota, anggota dapat mengirimkan sms cek datadiri yang akan menampilkan data dari anggota yang diterima sistem

    1. Layanan Pembelian Kredit

Proses pembelian kredit mirip dengan sistem voucher prabayar dari operator selular. Anggota yang ingin menambah kreditnya dapat membeli voucher yang tersedia, kemudian mengirimkan nomor voucher ke server melalui SMS, bila nomor voucher tersebut valid maka secara otomatis nilai kredit akan bertambah sesuai dengan yang tertera di voucher.

 

    1. Proses Pengiriman Informasi

Isi informasi yang dikirimkan berupa data pemondokan sesuai dengan format. Data akan dipisahkan menurut kategori yang dipilih oleh pengirim iklan

 

    1. Layanan Penghapusan Informasi

Proses ini menghapus membatalkan informasi telah dipasang. Ketika pengguna mengirimkan SMS untuk melakukan penghapusan informasi, sistem melakukan pengecekan informasi apa yang akan dihapus. Seteleah itu sistem mencocokkan id yaitu notelp yang terdapat dalam data dengan nomor telepon pengirim dan mencocokkan pin yang dikirimkan. Jika cocok maka data akan dihapus.

 

    1. Layanan Penyediaan Informasi

i. Proses Pencarian

Proses pencarian dilakukan melalui SMS dengan kata kunci yang sesuai, misalnya kategori, opsi pria atau wanita, fasilitas, lokasi sekitar, harga sewa perbulan dan lainnya. Hasil pencarian berupa id dan informasi singkat akan dikirimkan melalui SMS, untuk melihat detilnya pengguna harus mengirimkan id iklan hasil pencarian tadi.

ii. Proses Penyediaan Detail Informasi

Dalam proses permintaan detil informasi, pengguna mendapatkan id informasi dari hasil pencarian ataupun dari hasil pengiriman informasi iklan. Sistem akan mengirimkan detil dari iklan yang diminta.

 

    1. Layanan Informasi format SMS

Layanan ini menyediakan informasi mengenai seluruh format sms yang didukung di dalam sistem

 

    1. Proses Pengubahan Data Anggota

Melalui layanan ini, anggota dapat merubah data diri yang ada dalam database. Data diubah satu persatu dan tidak sekaligus. Data yang diubah adalah nama,kota, dan pin milik anggota.

  1. Proses Pada Aplikasi WAP
    1. Layanan Penyediaan Informasi

i. Proses Pencarian

Dalam fungsi pencarian terdapat tiga tipe pencarian, yaitu pencarian terdekat, pencarian biasa, dan pencarian dengan rekomendasi kecocokan kata kunci. Batasan pencarian adalah masa berlaku dari informasi maupun status dari pemondokan. Pemondokan dengan status penuh tidak akan disertakan dalam pencarian.

ii. Proses Penyediaan Detail Informasi

Dalam detil informasi, ditampilkan data pemondokan secara lengkap, termasuk nomor telepon pengirim informasi yang dapat diakses langsung melalui aplikasi WAP, sehingga pengguna dapat menelepon pengirim informasi jika informasi sesuai dengan yang diinginkan.

    1. Layanan Login Anggota

Layanan login diperlukan agar anggota dapat mengakses halaman tertentu yang tidak dapat diakses oleh pengguna umum. Halaman tersebut adalah halaman layanan pembelian kredit,layanan pengiriman informasi, layanan pengubahan informasi serta layanan peghapusan informasi.

 

    1. Layanan Pembelian Kredit

Layanan ini diawali dengan memasukkan no voucher ke dalam input textbox. Sistem akan melakukan query untuk mengecek apakah no voucher yang dimasukkan valid. Apabila valid sistem akan melakukan penambahan nilai kredit sesuai nilai yang dimasukkan. Apabila transaksi sukses maka status voucher diupdate menjadi terpakai dan data dimasukkan dalam tabel transaksi voucher.

 

    1. Layanan Pengiriman Informasi

Layanan ini berfungsi sebagai saranan pengiriman informasi, berupa data kos. Untuk mengirimkan informasi lebih dahulu harus menjadi anggota dan memiliki kredit yang cukup. Sistem akan melakukan pengecekan terhadap kredit dan lama informasi akan dipasang. Bila kredit memadai, proses akan terus dilanjutkan.

 

    1. Layanan Pengubahan Informasi

Proses ini befungsi untuk merubah informasi yang telah di pasang. Selama batas waktu pemuatan belum tercapai, informasi yang telah dikirim dapat dirubah. Sistem melakukan validasi pemilik iklan yang akan diubah. Apabila sesuai iklan akan diubah sesuai dengan data yang dikirimkan. Perubahan data tidak serta mengubah batas waktu pemuatan.

    1. Proses Pendaftaran Calon Penyewa

Proses ini dikhususkan bagi pengguna umum, yang akan menyatakan berminat atas informasi yang dikirmkan oleh anggota. Sistem mencatat nomor telepon pengguna, nama, serta komentar atas informasi pemondokan yang dipilih. Data pengguna kemudian akan disimpan di dalam database.

Anggota pemilik informasi dapat melihat, menghapus dan memilih pengguna yang mengisi daftar minat tersebut sehingga dapat dipilih calon penyewa yang sesuai untuk kemudian bertransaksi. Data yang dipilih oleh anggota sebagai calon penyewa potensial akan dipisahkan dari data peminat. Data yang telah dipisahkan dapat dihapus.

 

    1. Layanan Penghapusan Informasi

Layanan ini mirip dengan layanan pengubahan data. Anggota diminta memasukkan id dari informasi yang akan dihapus, kemudian sistem akan melakukan pengecekan terhadap id anggota dengan id pemasang informasi. Jika cocok maka sistem akan memproses penghapusan informasi.

 

  1. Aplikasi Desktop

Pada aplikasi desktop ada beberapa form – form yang berperan pada berlangsungnya sistem, dan penggunanya adalah admin yang mengatur jalannya sistem. Dalam aplikasi desktop terdapat beberapa form, diantaranya :

1. Form Utama

Berfungsi sebagai form induk dari form yang lain.

2. Form Pesan

Form untuk menampilkan pesan sms yang masuk maupun yang keluar.

3. Form Anggota

Form untuk mengatur keanggotaan dari sistem

4. Form Kartu Voucher

Form yang menyediakan daftar kartu, pembuatan nomor kartu dan transaksi kartu.

5. Form Kos

Form untuk menampilkan dan mengatur iklan yang masuk melalui sms

6. Form listener

Form untuk menangani parsing dari SMS

7. Form gateway

Form untuk penerimaan dan pengiriman SMS

8. Form Region

Form untuk penerimaan dan pengiriman SMS

Published in: on September 24, 2007 at 5:05 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://softwareproject.wordpress.com/2007/09/24/fitur-fitur-pada-tugas-akhir-pemanfaatan-teknologi-aplikasi-bergerak-untuk-pencarian-pemondokan-bagi-mahasiswa/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment