Latar Belakang Pembuatan Sistem

Kebutuhan mahasiswa dalam menjalani proses pendidikan mencakup banyak hal, salah satunya adalah kebutuhan tempat tinggal. Untuk memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal, umumnya mahasiswa memilih mencari tempat pemondokan. Banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya More…bertanya dari satu rumah ke rumah yang lain, melihat pengumuman, poster atau pamflet serta sarana lainnya, informasi juga bisa didapat melalui teman atau kerabat dekat. Namun, cara-cara konvensional seperti diatas akan banyak menemui kesulitan, diantaranya memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit, kepastian belum ada, serta penyebaran informasi kurang atau tidak merata.

Berdasarkan kesulitan diatas, maka diperlukan adanya solusi untuk memudahkan pencarian pemondokan bagi mahasiswa. Saat ini teknologi komunikasi bergerak berkembang dengan pesat. Hal ini memungkinkan mahasiswa mendapatkan layanan informasi tempat pemondokan dimana dan kapan saja.

Pada telepon selular, teknologi SMS sudah banyak digunakan untuk melakukan komunikasi melalui pesan singkat dan telah banyak dikenal oleh banyak kalangan masyarakat. Oleh karena itu dengan pesan singkat yang dikirimkan melalui SMS kita dapat mengirimkan perintah pemasangan, perubahan, penghapusan iklan ke komputer server yang menyimpan iklan.

Teknologi yang juga sedang berkembang pesat adalah WAP, dan ini memungkinkan pengaksesan informasi lebih cepat dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Pemilik pemondokan dapat mengirimkan iklan informasi pemondokan yang dibutuhkan baik melalui SMS maupun WAP, kemudian akan ditampung dan ditampilkan melalui layanan SMS dan WAP. Layanan informasi disediakan melalui SMS dan WAP yang dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini dapat membantu mengatasi berbagai kesulitan yang dialami mahasiswa dalam mencari tempat tinggal dalam hal ini tempat pemondokan.

Published in: on September 18, 2007 at 8:25 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://softwareproject.wordpress.com/2007/09/18/latar-belakang-pembuatan-sistem/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment